22 Okt 2012

Pengertian CHMOD

Yang dimaksud dengan Chmod
chmodPerintah Chmod atau change mode adalah suatu 'permission rule' atau saya artikan sebagai aturan batasan hak akses file atau folder berdasarkan siapa usernya. Perintah tersebut biasa kita temukan dalam penggunaan bahasa pemrograman C di sistem UNIX dan semacamnya ( contoh awam: sistem operasi LINUX). Lalu apa hubungannya dengan website?

Banyak server hosting website memakai sistem operasi LINUX. Maka dari itu, kali ini saya akan bahas detil mengenai chmod dan pengaruhnya dalam file di website kita.

Perintah Chmod mempunyai 3 rule utama : R(read)- Write(W)-Execute(X) yang disediakan untuk 3 macam user: Owner(O)-Group(G)-Public(P).

Owner adalah pemilik suatu file atau directory. Group mewakili sekelompok User. Other adalah selain dari User atau Group.
Read mengatur akses suatu file / direktori itu dibaca / ditampilkan isinya.  Write mengatur akses suatu file / direktori diisi suatu data / informasi tertentu (ditulisi). Akses Execute mengatur suatu file untuk dijalankan( biasanya bentuk file binary atau aplikasi program) ataupun bagi suatu direktori untuk dapat diakses ke dalam / dimasuki.

Setiap user memiliki kode rule yang biasa ditulis seperti ini:

READ WRITE EXECUTE
Kode Binary 1 1 1
Kode Simbol r w x
Kode Bilangan(pangkat) 4=2^2 2=2^1 1=2^0

permission rule
Contoh penulisan suatu file yang memiliki chmod :
a) 777 berarti :
User O G P
R 4 4 4
W 2 2 2
X 1 1 1
Atribut file : -rwx-rwx-rwx
Atribut folder : drwxdrwxdrwx (d untuk menunjukkan direktori)

Baik Owner, Group dan Public mempunyai hak akses penuh (baca, tulis, eksekusi). BERBAHAYA jika untuk waktu lama, file atau direktori anda berada dalam posisi ini, karena rawan di-hacker.

b) 644 berarti :
User O G P
R 4 4 4
W 2 - -
X - - -
Atribut file : -rw--r---r--
Atribut folder : drw-dr--dr-- (d untuk menunjukkan direktori)

Baik Owner hanya mempunyai hak akses baca dan tulis, sedangkan yang lainnya hanya bisa membaca saja. Gunakan akses ini untuk file configuration, file setting, ataupun file-file yang anda rasa penting berkaitan dengan akses sistem website anda.

c) 755 berarti :
User O G P
R 4 4 4
W 2 - -
X 1 1 1
Atribut file : -rwx-r-x-r-x
Atribut folder : drwxdr-xdr-x (d untuk menunjukkan direktori)

Baik Owner mempunyai hak akses penuh, sedangkan yang lainnya hanya bisa membaca dan menjalankan saja. Biasa digunakan untuk akses folder atau direktori.
d) 444 berarti :
User O G P
R 4 4 4
W - - -
X - - -
Atribut file : -r---r---r--
Atribut folder : dr--dr--dr-- (d untuk menunjukkan direktori)

Semua user hanya bisa membaca saja tanpa bisa mengubah ataupun memasuki file tersebut.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar